Danau Toba Akan Menggelar Kompetisi Jetski Terbesar di Dunia

- 6 Agustus 2023, 10:28 WIB
Danau Toba Akan Menggelar Kompetisi Jetski Terbesar di Dunia
Danau Toba Akan Menggelar Kompetisi Jetski Terbesar di Dunia /Andi Abdul Muhaimin/

SPORT-TOURISM.ID - H2O Racing, Aquabike Promotion, InJourney sebagai promotor lokal, serta pemerintah, pada tanggal 21 Juli 2023 telah mengumumkan kesepakatan untuk menggelar putaran penutup  dari kompetisi jetski UIM-ABP (Union Internationale Motonautique - Aquabike Promotion) World Aquabike Championship dan satu putaran the UIM Aquabike Endurance World Championship di kemegahan Danau Toba, Sumatera Utara pada akhir november 2023, sebagaimana dilansir dari situs resmi aquabike.net.

Sebagai salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Danau Toba sebelumnya telah menghelat putaran pembuka (opening round) dari UIM F1H2O World Championship tahun. Danau yang spektakuler ini akan menjadi tuan rumah putaran penutup dari UIM-ABP World Aquabike Championship pada 25 dan 26 November 2023, yang didahului oleh World Endurance Championship selama tiga hari dari 22 hingga 24 November 2023.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh CEO H20 Racing, Raimondo di San Germano dan Presiden Direktur InJourney (PT Aviasi Pariwisata Indonesia – Persero), Doni Oskario dihadapan para kepala daerah terkait serta Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Baca Juga: Il Festino Yogyakarta 2023: Standard Baru Berlomba Sepeda di Indonesia

Penanda tanganan MoU
Penanda tanganan MoU

Penandatangan MoU itu sendiri dilaksanakan bertepatan dengan Rapat Koordinasi  Nasional (RAKORNAS) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Kementerian Koordinasi Maritim dan Investasi di Plataran Borobudur, Jawa Tengah.

Baca Juga: Bali Audax 2023: Melanjutkan Budaya Bersepeda di Bali 120 Tahun Lalu

Lokasi untuk kompetisi yang disebut-sebut sebagai terbesar di dunia ini telah memenuhi semua persyaratan dari inspeksi Union Internationale Motonautique atau UIM. Selain membawa nama Danau Toba lebih jauh di kancah internasional, event ini pun diproyeksikan akan turut berkontribusi dalam percepatan pembangunan kepariwisataan di Danau Toba.

Raimondo di San Germano, CEO dari H2O Racing berkomentar: “Kami sangat senang untuk terus berlanjut mengembangkan kerjasama dengan Indonesia dan InJourney, serta otoritas lokal dan juga masyarakat sekitar Danau Toba. Seri perdana Grand Prix Indonesia (yang digelar sebelumnya) terbukti berjalan dengan sukses berkat dukungan kuat dari komunitas lokal dan kami senang untuk membawa balapan world Aquabike untuk pertama kalinya nanti pada bulan november.”

Halaman:

Editor: Andi Abdul Muhaimin

Sumber: Aquabike.net


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah